Ragam Persiapan Khusus Jelang Pelantikan Jokowi-JK
Sumber: Liputan6.com

Nasional / 13 October 2014

Kalangan Sendiri

Ragam Persiapan Khusus Jelang Pelantikan Jokowi-JK

Lori Official Writer
3641
Pelantikan resmi Presiden dan Wakil Presiden terpilih Joko Widodo dan Jusuf Kalla (Jokowi-JK) telah dijadwalkan pada 20 Oktober 2014 nanti. Untuk memastikan kelancaran hari besar itu, pihak Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) segera mengerahkan beragam persiapan, mulai dari segi keamanan hingga tamu undangan yang diwajibkan untuk hadir nanti.

Dari beragam sumber berita telah dirangkum sejumlah persiapan yang tengah dilakukan pihak MPR yang meliputi:

1. Pelantikan digelar pagi hari

Pelantikan Jokowi-JK telah dipastikan akan digelar pagi hari. Hal ini disampaikan oleh Ketua MPR RI Zulkifli Hasan bahwa pelantikan dimulai pada pukul 10 pagi. Zulkifli menegaskan telah menyerahkan undangan pelantikan kepada Jokowi sebagai Presiden RI periode 2014-2019. “Kami menyampaikan undangan pelantikan Presiden 20 Oktober pukul 10.00 WIB pagi,” ujar Zulkifli.

Ketua MPR yang baru ini juga membantah adanya isu pelantikan akan digelar di malam hari, yang sempat menjadi polemik bagi sejumlah pihak karena sangat berisiko terjadinya kekosongan kekuasaan atau ‘Vacum of Power’ bila interupsi pada sidang paripurna MPR melewati tanggal 20 Oktober. “Tidak ada rencana malam hari. Itu siapa bikin isu sih?” tandasnya.

2. Ribuan polisi amankan pelantikan

Seperti dilansir Okezone.com, Kapolri Jenderal Pol Sutarman telah menyiagakan sebanyak 22 ribu personel Polda. Para personel itu akan memperkuat pertahanan di lima ring di Gedung MPR, Senayan, Jakarta. “Pengamanan untuk pelantikan Presiden, kita siagakan 22 ribu personel. Semua akan dibagi dalam lima ring, baik di ring satu dan sebagainya,” tutur Sutarman.

3. Seluruh fraksi dan DPD terima undangan

Hasil rapat para pimpinan MPR yang digelar pada Senin, 13 Oktober 2014, menyepakati agar seluruh fraksi dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) menghadiri pelantikan Jokowi-JK.  “Kami tadi rapat dan sepakat bulat kalau 10 fraksi dan 1 DPD akan hadir dalam pelantikan Presiden dan Wakil Presiden pekan depan,” ujar Ketua MPR, Zulkifli Hasan, seperti dikutip Detik.com, Senin (13/10).

4. Prabowo-Hatta turut hadir

Pihak MPR juga tuurt mengundang pasangan Prabowo-Hatta untuk turut hadir dalam pelantikan nanti. Zulkifli Hasan, menegaskan tengah mempersiapkan undangan bagi keduanya. Seperti yang dituturkan, Prabowo-Hatta diundang sebagai bekas capres dan cawapres dalam pemilihan presiden yang digelar pada 9 Juli 2014 lalu.

Seperti diketahui, setelah pelantikan nanti Jokowi-JK akan mulai menjalankan tugas dan tanggung jawab bersama menggantikan masa kepemimpinan Presiden terdahulu Susilo Bambang Yudhoyono dan Boediono. Dengan ini, Jokowi-JK akan resmi tercatat sebagai Presiden-Wakil Presiden ketujuh republik Indonesia (RI).

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami